Minggu, 03 November 2013

Instagram Memulai Babak Baru Jualan Iklan

Melihat berita dari engadget, Instagram memulai menjual iklan. Seorang fashion designer, Michael Kors jadi orang pertama yang akunnya diselipi iklan.


Terlihat pada postingan sebuah berisi gambar jam tangan di sudut kanan atas tertera tulisan "sponsored". Sepertinya tulisan tersebut hanya muncul di Amerika, tadi waktu mengecek ke akun dengan nama IG michaelkors tidak ada. Alias biasa saja.

Menurut abcnews, tidak semua pengguna Instagram di Amerika pun melihat kata "sponsored" ketika mengakses postingan jam tangan itu.


Sejak dibeli oleh Facebook bulan April 2012, sudah berhembus rencana untuk memasukkan iklan ke dalam Instagram. Untuk sementara, iklan pada Instagram baru berjalan di Amerika Serikat.

Bagaimana model bisnisnya ya? 

Bila menebak-nebak sih akan mirip dengan buzzer pada Twitter. Semakin banyak followers, makin besar bayaran si buzzer. Mungkin saja akun IG milik Andra Ramadhan, gitaris Dewa dan Andra & The Backbone menyusul akan muncul iklan. Bisa jadi.

Tidak hanya posting gambar saja, karena sebenarnya "jualan" sudah dilakukan oleh akun-akun IG resmi banyak produk. Misalnya Nike, Puma, dan banyak lagi.

Kabarnya (sempat baca tapi ga berhasil nemuin link-nya -maaf), bila followers meng-klik postingan gambar tersebut selain seperti bisa ter-like maka secara langsung akan membuka ke situs yang dirujuk.

Ganggu? nggak lah. Ya tinggal jangan di-like. 

Pasti teman-teman digital agency nggak sabar menunggu Instagram Ads masuk Indonesia. Punya bahan jualan baru soalnya. Dan para pemilik akun IG dengan ribuan followers bersiap terima pertanyaan, "harga per posting berapa euy di Instagram?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar