Sabtu, 09 November 2013

BlackBerry Rilis Produk Terakhir BlackBerry Z30 di Indonesia

Secara resmi BlackBerry Indonesia mengumumkan rencana penjualan BlackBerry Z30 di Indonesia. Lini produk terbaru dari keluarga BlackBerry 10 ini akan dipasarkan pada harga Rp 7,9 jutaan mulai 23 November. Seperti biasa penjualan perdana akan bekerjasama dengan pihak operator telekomunikasi.

Dalam rilisnya, BlackBerry menyebut bahwa Z30 sebagai produk smartphone mereka yang terbesar, tercanggih, dan tercepat. Dengan dukungan fitur BlackBerry OS 10.2, bisa jadi juga Z30 merupakan akhir dari perjalanan sejarah BlackBerry.

Gambar milik Cnet

Selain berita-berita mengenai produk terbaru antara lain layanan lintas platform BBM, pada 2013 terdapat isu paling santer menimpa BlackBerry yaitu kebangkrutan. Hal ini banyak disimpulkan oleh para analisis melihat dari angka penjualan unit BlackBerry secara global yang sudah tersalip oleh Windows Phone.

Kembali ke Z30. Smartphone besar pertama BlackBerry ini menggunakan layar 5 inci super AMOLED, prosesor 1,7 GHz dengan grafik quadcore, dan baterai 2880 mAh. Seharusnya tiga spesifikasi "besar" tadi mampu membuat pengguna ponsel smartphone tergiur untuk memilikinya.

Ditambah lagi kini fitur OS BlackBerry 10.2 telah mengalami banyak improvement. Sebagai perangkat komunikasi dan hiburan baik musik, video, bahkan bermain games, Z30 dipastikan nyaman untuk digunakan. Pada ketersediaan aplikasi populer games & social networking, yang selalu jadi pukulan telak, BlackBerry tampaknya secara perlahan mulai menghadirkan satu per satu.

Spesifikasi lengkap Z30 bisa dilihat disini, dan video product bisa dilihat di bawah.


Dikaitkan dengan isu lemahnya penjualan unit BlackBerry belakangan, timbul sederet pertanyaan. Bagaimana cara tepat menjual Z30 yang hampir Rp 8 juta? dan, Apakah Z30 benar-benar akan jadi produk terakhir BlackBerry?

BlackBerry pasti sudah punya merancang strategi marketing. Walaupun sangat sulit rasanya bikin yakin pembeli dengan budget Rp 8 juta untuk beli Z30. Karena dengan menambah budget maksimal sejuta, mereka bisa mendapatkan iPhone 5S, Galaxy Note 3, atau bahkan Sony Xperia Z1 atau LG G2 yang harganya jelas lebih murah.

Apalagi kini bila hanya untuk mengejar fungsi BBM saja, di pasar sudah beredar ponsel android merek lokal dengan harga Rp 500 ribuan. Kabarnya pada ajang Indocomtech 2013 yang digelar awal bulan November ini, sejumlah ponsel android merek lokal laku keras diborong pengunjung.

Berita mengenai peluncuran BlackBerry Z30 mulai tersebar sejak Jumat (08/11) di berbagai media online. Sentimen negatif mulai bermunculan di linimasa twitter. Silahkan cek sendiri dengan melakukan pencarian dengan keyword "Z30".

Dengan keadaan kondisi keuangan belakangan, sangat wajar jika menilai Z30 akan menjadi produk BlackBery terakhir yang dirilis di Indonesia. Karena masih tanda tanya memang apa langkah BlackBerry untuk menyelematkan bisnisnya. 

Sementara itu BlackBerry dapat bernafas sedikit lagi, karena baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar US$1 milliar dari sejumlah investor.

Opsi terberat harus dilakukan oleh BlackBerry. Pertama; menjadikan Z30 benar-benar produk terakhir BlackBerry dan mengubur kenangan indah BlackBerry sejak meluncurkan produk BlackBerry Curve pada 2007. 

Yang artinya BBM akan menjadi pelanjut bisnis BlackBerry. Seperti yang sudah diopinikan sebelumnya mengenai BBM jadi tumpuan bisnis BlackBerry selanjutnya.

Gambar Milik Cnet
Atau Kedua; Z30 akan menjadi produk terakhir BlackBerry 'murni'. Dan selanjutnya BlackBerry akan merilis produk terbaru berkolaborasi dengan google (android) atau microsoft (windows phone). Bila opsi kedua ini terjadi, BlackBerry dipastikan akan kembali meroket mengulang sukses era track ball dan track pad.

Dibawah ini adalah video perbandingan antara BlackBerry Z30 dengan Galaxy Note 3 dan Sony Xperia Z1 yang dibuat oleh technixmedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar