Jumat, 08 November 2013

Tips Hemat Penggunaan Paket Data Smartphone


Kehadiran layanan BBM pada perangkat Android dan iPhone telah memberikan dampak positif dan negatif. Positifnya, angka pelanggan paket data smartphone makin meningkat. Negatifnya, pelanggan paket blackberry cenderung sedikit menurun.

Perkiraan ini berdasarkan orang-orang di sekitar yang mulai meninggalkan penggunaan BlackBerry semenjak kehadiran BBM akhir Oktober lalu.

Beberapa pengguna baru layanan paket data ada yang masih kebingungan, karena baru beli seminggu tapi kuota paket data sudah habis. Berikut tips berhemat penggunaan paket data pada smartphone baik Android maupun iPhone.  
  1. Matikan fitur akses data internet bila sedang tidak digunakan. Misalnya ketika sedang tidur pada malam hari. Perlu dijadikan kebiasaan ini. Bila takut susah dihubungi, kan masih ada telepon.
  2. Hindarkan penggunaan aplikasi-aplikasi yang menyedot banyak data internet. Contoh: YouTube. Buat yang sudah berkeluarga, dipastikan YouTube menjadi salah satu sarana hiburan untuk anak. Unduh video-video dalam YouTube kegemaran anak, dan masukkan ke dalam smartphone. Ganti secara reguler daftar videonya agar anak tidak bosan. 
  3. Hubungkan smartphone ke koneksi Wi-Fi. Terutama untuk yang sudah berkantor atau di rumah menggunakan Wi-Fi. Selama masih berada dalam jangkauan sinyal Wi-Fi, jangan pernah menggunakan paket data. Anak kost sebaiknya ajak teman-teman se-kost-an buat patungan pasang Wi-Fi. 
  4. Hanya bermain games-games seperti PokoPang, dan lainnya bila terkoneksi dengan Wi-Fi. 
  5. Sebisa mungkin hanya mengunduh aplikasi-aplikasi bila tekoneksi dengan Wi-Fi.
  6. Bila lima poin ini bisa dijalankan, jangan lupa untuk berlangganan paket data unlimited. Karena bila kuota habis, kecepatan internet memang akan turun tapi tetap bisa BBM-an kok.
Soal operator mana yang harus digunakan. Sebenarnya tidak ada perbedaan satu sama lain, hanya soal harga, jangkauan sinyal, dan bonus.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar