Kamis, 07 November 2013

Oppo N1 Senjata Baru Mobile Photography

Pertengahan Oktober, Oppo sebagai pendatang baru pasar ponsel Indonesia kembali merilis produk terbarunya. Secara mengagetkan, Oppo menjadi negara kedua peluncuran Oppo N1 setelah sebulan sebelumnya diluncurkan di rumah sendiri, China.

Oppo memang produsen elektronik asal negeri tirai bambu. Sebelum menggeliat pada bisnis ponsel, Oppo sudah menancapkan tajinya pada produk-produk MP3 players, portable Media players, LCD-TVs, dan DVD/Blu-ray Disc players. Produk-produknya banyak tersebar di pasaran Amerika Serikat dan Eropa, tentunya di Cina.

Untuk Asia Tenggara sendiri, Oppo lebih memilih bisnis ponsel sebagai ajang peraduan. Produk ponsel pertama Oppo; U701 Ulike dirilis pada pertengahan tahun 2012. Selanjutnya berturut-turut dalam waktu yang terbilang singkat, Oppo terus mengeluarkan produk baru.

Oppo hadir pertama kali di Indonesia dengan produk premium, Oppo Find 5, pada April 2013. Dengan kekuatan pada layar 5 inci dan kamera 13MP, Find 5 berusaha membuka jalan Oppo di Indonesia. Harga 5,5 juta menjadi salah satu alasan beberapa pengguna ponsel android penasaran terhadap Find 5.

Gambar milik engadget

Pada saat Oppo Find 5 perdana diluncurkan, masih banyak pengguna hingga pedagang ponsel yang belum mengetahui merek ponsel Oppo. Berikut beberapa respon yang masih teringat:

"Oppo, merek apa tuh? Cina ya Bang?" kata pedagang ponsel di bilangan ITC Permata Hijau.

"Lu pakai handphone apa sih?", tanya teman. "Oppo", jawab saya. "Hah? Handphone apa tuh?", lanjut teman bertanya.

"Nggak jual Mas, Eh Mas itu handphone apa ya. Kok gue baru denger sih?", kata pedagang ponsel lain di Sunter Mall.

Tapi kini sudah berubah. Serangkaian kegiatan promosi yang dilakukan Oppo Indonesia perlahan membuahkan hasil. Dampak placement yang dilakukan pada program komedi rating tinggi, Opera Van Java, berhasil memperkenalkan Oppo sebagai brand ponsel di Indonesia.

Gambar milik Antara Foto

Ambisius?

Mungkin tidak. Oppo Indonesia tentunya sadar, langkah besar dan tepat harus mereka lakukan untuk mencuri perhatian pasar ponsel di Indonesia. Maklum saja, pasar ponsel Indonesia terutama Android dikuasai oleh Samsung.

Kabarnya para pedagang ponsel pun kini lebih senang berjualan produk Oppo dibanding merek lain. Selain sistem yang diterapkan sangat menguntungkan, tidak sedikit insentif yang dikucurkan oleh Oppo Indonesia untuk para penjual. Benar-benar simbiosis mutualisme.

Oppo N1

Respon pasar dipastikan menjadi pertimbangan besar Oppo untuk memilih Indonesia sebagai negara kedua peluncuran Oppo N1 dibanding negara lain bahkan Eropa sekalipun. Oppo Indonesia dipastikan punya tugas berat untuk memasarkan ponsel dengan kamera putar 206 derajat.

Gambar milik Oppo
Peluncuran Oppo N1 pada pertengahan Oktober kemarin bisa dibilang besar-besaran. Bertempat di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Oppo Indonesia tidak hanya mengundang media saja. Nyaris 90%  tamu undangan yang hadir adalah para penyalur produk ponsel Oppo ke pasaran alias pedagang. Oppo Indonesia secara spesial mengundang mereka untuk segera turut memasarkan Oppo N1.

Rp 6,9 juta bukan harga yang murah untuk sebuah ponsel. Namun bila melihat dari banyak produk ponsel premium yang laris manis di pasaran, Oppo Indonesia tidak perlu khawatir memasarkan Oppo N1. Dengan berbagai keunggulan spesifikasi, terutama pada kamera putar 13MP bisa jadi Oppo N1 akan jadi senjata baru para penggemar mobile photography.

Sedikit soal mobile photography, adalah mereka yang menggunakan perangkat kamera pada ponsel tentunya smartphone untuk menangkap gambar dengan kualitas tinggi. Pada pengguna android memang komunitasnya masih terpecah pada merek. Berbeda dengan pengguna iPhone yang di Indonesia tergabung dalam komunitas iPhonesia.

Kembali ke Oppo N1. Kamera 13MP dipastikan mampu menghasilkan gambar kualitas tinggi. Pengalaman menggunakan dua produk Oppo, Find 5 dan Find Mirror, yang unggul untuk urusan low ligt, Oppo N1 dipastikan juga. Jangan khawatir urusan foto selfie, dijamin nggak bikin malu untuk posting hasil gambar di social media.

Bayangkan sudut yang dapat ditangkap ketika mengkombinasi Oppo N1 dengan perangkat Tongsis. Dijamin kece hasilnya. Tidak hanya wajah yang kelihatan jelas, tapi juga background yang luas pun tertangkap. Kondisi apapun siang atau malam, pantai atau gunung, indoor atau outdoor, gambar yang dihasilkan Oppo N1 akan sangat natural. Hal ini karena Oppo N1 menggunakan teknologi pure image, sensor kamera CMOS stacked terbaru, aperture besar F2.0, dan ponsel android pertama yang menggunakan 6 lapisan lensa optic.


Gambar milik Oppo
Dengan berbagai teknologi yang sudah disebutkan memungkinkan Oppo N1 menangkap lebih banyak cahaya ketika mengambil gambar. Bila Oppo Indonesia berminat bikin iklan radio untuk produk-produknya, mungkin jargon produk Shampoo Clear bisa digunakan. "Foto low light, siapa takut. Kan ada Oppo!"

Kamera Oppo N1 dirancang untuk dapat menghasilkan gambar sesuai asli. Keindahan asli objek gambar tidak hilang pada foto yang dihasilkan menggunakan Oppo N1. Sebagai mobile photographer, Oppo N1 bisa jadi pilihan terbaik terutama untuk orang-orang yang doyan travelling. Momen apapun dapat didokumentasikan sempurna dengan Oppo N1.

Dukungan spesifikasi lain pada Oppo N1 sangat sangar sebut saja RAM 2GB, pilihan storage 16 & 32GB, kekuatan baterai besar 3610 mAh, dan prosesor 1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 600 Quad Core. Mau bilang apa? harga Rp 6,9 juta rasanya murah bila menjadikan Oppo N1 perangkat utama buat orang-orang bermobilitas tinggi.

Sejak menggunakan Find 5 dan Find Mirror, saya termasuk penggemar baru Oppo. Selain kebutuhan mobile photography yang dijawab penuh oleh Oppo N1. Kemampuan audio yang dihasilkan oleh produk Oppo patut diacungi dua jempol. 

Begitu pun visual, terhitung sudah lima judul film dengan durasi agak panjang pernah saya tuntaskan dengan Oppo. Bila bukan karena layar besar, ketajaman gambar, audio tentunya, serta bodi yang ramping, urusan menonton video dengan durasi panjang pada ponsel tentunya tidak menyenangkan. Fitur-fitur lain pada Oppo N1 bisa dilihat disini.

Sejak hadirnya BBM pada perangkat Android dan iPhone, saya memutuskan untuk hanya menggunakan satu ponsel. Oppo N1 menjadi jawaban terhadap kebutuhan ponsel yang dapat menghasilkan gambar sempurna dan tidak kehilangan momen. Sebagai penunjang pekerjaan, dan hiburan pun Oppo N1 sangat cocok baik digunakan pribadi maupun keluarga.

Masih penasaran dengan Oppo N1, kecanggihan, dan kekuatannya bisa lihat pada video dibawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar